Tanggung Jawab Sosial

Sesuai dengan amanah di UUD 1945 pasal 33 junto (3) dimana dikatakan “Bumi dan air dan kekayaan alam yangterkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat” maka perseroan telah berupaya semaksimal mungkin didalam mewujudkan amanah tersebut:

 

Adapun program perseroan didalam memenuhi amanah diatas adalah sebagai berikut:

 

  1. Program reboisasi hutan.

Perseroan sedang melakukan porses pembangunan kawasan hutan lindung di blok timur konsesi, seluas 200 Ha. Didalam blok tersebut, perseroan sedang menanam hutan pohon cepat tumbuh yang terdiri dari jenis pohon acacia mangium dan sengon. Pada tahap kedua, perseroan akan menanam pohon jenis kayu hutan “native species” dari Kalimantan seperti ipil ipil, Merbau dan ulin. Adapun blok ini kedepannya akan dikerjasamakan dengan departement kehutanan untuk tempat penangkaran terbuka orang utan Kalimantan.

 

  1. Program sentra buah.

Perseroan sedang mengadakan proses pembangunan kebun buah berkayu besar asli Kalimantan Timur seperti Durian lai, mangga dan jeruk. Sentra buah ini akan didesain sedemikian rupa, sehingga menjadi sentra pemasok buah untuk pasar Samarinda dan Balikpapan, bekerja sama dengan rakyat sekitar.

 

  1. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Perseroan turut serta aktif didalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar daerah sekitar areal tambang, seperti bantuan buku, seragam dan lain lain.

 

  1. Sentra peternakan.

Perseroan telah memulai kegiatan peternakan ayam dan sapi, dengan tujuan memenuhi kebutuhan pangan internal dan juga untuk memasok pasar Balikpapan dan Samarinda. Dengan adanya sentra peternakan tersebut, perseroan berupaya untuk membuat daerah Loa Janan sebagai sentra peternakan pemasok kebutuhan Balikpapan dan Samarinda.